PROFIL

Surabaya Memory merupakan sebuah inisiatif yang didedikasikan bagi perekaman dan pelestarian pusaka (heritage) kota Surabaya. Diluncurkan pertama kali pada Hari Jadi Kota Surabaya ke-708 tahun 2001, Surabaya Memory bertujuan menumbuhkan kepedulian masyarakat akan pelestarian pusaka kota Surabaya melalui media maya (online) dan media fisik (onsite). Menumbuhkan kesadaran akan pusaka (heritage) melalui media fisik dilakukan dalam berbagai pameran dan kegiatan yang dirancang secara khusus dan bekerjasama dengan berbagai pihak sehingga acara/ program yang dirancang dapat dinikmati oleh masyarakat awam. Selama ini Surabaya Memory secara konsisten melakukan pameran dan kegiatan di berbagai mall di Surabaya pada event ulang tahun Kota Surabaya yang berlangsung pada bulan Mei.

Pada peringatan hari jadi Kota Surabaya ke-724 ini, Surabaya Memory ingin mengangkat keberadaan kampung-kampung di Surabaya yang memiliki ciri khas masing-masing yang menciptakan sebuah jaringan yang membuat keterikatan antara satu dan lainnya dari berbagai sisi kehidupan. Keberadaan kampung menjadi penting karena kampunglah yang membentuk Surabaya. Hal ini tentu sejalan dengan keinginan Pemerintah Kota Surabaya untuk mengembangkan potensi kampung-kampung di Surabaya baik potensi ekonomi, budaya maupun potensi lainnya.

Beberapa saat yang lalu, Pemerintah Kota Surabaya melalui Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya telah menggelar sebuah lomba “Surabaya Akseliterasi” yang terdiri dari beberapa kompetisi, salah satunya adalah Kampong Literasi. Surabaya Akseliterasi ini merupakan gerakan yang bertujuan untuk percepatan budaya literasi di Kota Surabaya, sehingga melalui budaya literasi yang tidak sekedar kemampuan untuk membaca, menulis dan berhitung tapi mencakup juga bagaimana manusia itu bisa bertahan hidup karena mempunyai seperangkat keterampilan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan sumber informasi yang ada. Dalam hal ini, dengan demikian seseorang yang telah melek informasi diharapkan akan tetap mampu survive menghadapi kondisi apapun.

Selain memiliki kampung-kampung yang unggul dari sisi literasi maupun potensi dan ciri khasnya, Surabaya juga memiliki sebuah ikon yang menjadi kebanggaan warga Surabaya sejak jaman dulu yang dinyatakan sebagai kebun binatang terbesar se-Asia Tenggara, yaitu Kebun Binatang Surabaya atau biasa disingkat sebagai KBS yang berulang tahun ke-100 pada tahun 2016 yang lalu. Oleh karena itu kini Surabaya Memory 2017 mengangkat tema “Kampungku Suroboyo” sebagai persembahan Universitas Kristen Petra bagi Kota Surabaya yang akan berulang tahun ke-724 di tahun 2017. Pada acara ini akan diselenggarakan juga Bedah Buku “Bonbin dalam Kisah Tjerita” yang ditulis oleh Henri Nurcahyo.

Perpustakaan Universitas Kristen Petra telah mengundang berbagai pihak untuk bekerjasama dalam penyelenggaraan Surabaya Memory 2017 ini, yaitu Grand City Mall Surabaya, Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya, Badan Perpustakaan dan Arsip Propinsi Jawa Timur, Dharma Wanita Persatuan Surabaya, organisasi profesi pustakawan, Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Jawa Timur, FPPTI Jawa Timur, SMKN 12 Surabaya, Surabaya Tempo Dulu, Surabaya Punya Cerita, beberapa Prodi (program studi) di UK Petra yaitu Prodi Sastra Inggris, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Arsitektur, Prodi Desain Interior, serta Prodi Desain Komunikasi Visual, sekolah-sekolah di Surabaya dan beberapa media partner. Surabaya Memory ingin mengingatkan kembali masyarakat Kota Surabaya untuk menghargai pusaka budaya yang menjadi kebanggaan warga Surabaya.

Secara khusus, pelaksanaan Surabaya Memory 2017 ini mengemban tujuan:

  • Mempromosikan  Surabaya  Memory  sebagai  salah  satu  program yang didedikasikan  bagi  pelestarian  pusaka  kota  Surabaya.
  • Menumbuhkan budaya literasi di kalangan masyarakat Surabaya sebagai konsep belajar sepanjang hayat, karena literasi tidak sekedar kemampuan membaca dan menulis, tetapi seperangkat keterampilan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan sumber informasi yang ada.
  • Menumbuhkan  kepedulian  dan kesadaran pada  masyarakat untuk menghargai  dan  melestarikan pusaka (heritage) kota  Surabaya dan bangsa Indonesia pada umumnya.
  • Mewujudkan Perpustakaan sebagai community hub, tempat bertemunya berbagai komunitas dan menumbuhkan minat saling belajar di antara mereka melalui karya-karya yang dipamerkan.
  • Menumbuhkan  kesadaran  masyarakat  akan  pentingnya  budaya dokumentasi di tengah tradisi lisan yang sangat dominan di Indonesia.

Tempat dan Tanggal Pelaksanaan:
Grand City Mall Surabaya
Rabu/ 10 Mei 2017  s.d.  Minggu/ 14 Mei 2017

Selain pameran berbagai karya 2 dimensi maupun 3 dimensi, baik fisik maupun digital, acara yang pernah digelar oleh Surabaya Memory sejak tahun 2008 hingga kini adalah berbagai bentuk acara yang dapat diikuti oleh masyarakat umum seperti beraneka lomba, pelatihan/ workshop, talkshow, performance, wisata jalan-jalan, dan lain sebagainya. Seluruh acara tersebut dipersembahkan khususnya untuk masyarakat Surabaya dan dapat diikuti oleh semua kalangan/ usia.

Jenis Kegiatan:

1. Pameran
(PIC Panitia: Petrus J. Pranowo)
  • Foto-foto Surabaya Memory.
  • Foto-foto KBS Surabaya, dari masa ke masa, yang dikumpulkan dari masyarakat dan media oleh mantan wartawan Surabaya Post.
  • Pameran produk kreatif dan potensi kampung-kampung di Surabaya (Maspati, Ampel).
  • Produk literasi kampung (5 karya terbaik Lomba Surabaya Akseliterasi).
  • Karya karya finalis lomba-lomba dalam Surabaya Memory 2017.
  • Karya-karya dosen dan/ atau mahasiswa UK Petra bertema Kampung Surabaya (karya seni maupun karya ilmiah).
  • Buku-buku kuno tentang Surabaya (milik para kolektor dan BAPERSIP Jatim).
2. Acara
(PIC Panitia: Chandra Pratama)

Opening (Rabu/ 10 Mei 2017, pukul 15:00 WIB)

Acara Opening diharapkan akan dibuka oleh Walikota Surabaya, acara menampilkan beragam kesenian khas Surabaya dengan gaya kekinian persembahan warga kampung di Surabaya, SMKN 12, Pengurus IPI Jatim, maupun sekolah dan komunitas lain yang berpartisipasi.

Closing (Minggu/ 14 Mei 2017, pukul 15:30 WIB)

Dalam acara Closing ini akan dilaksanakan penyerahan hadiah dan performance (partisipasi dari civitas UK Petra dan yang lainnya).

3. Aneka lomba, workshop/ seminar, diskusi
(PIC masing-masing)
Silakan lihat di tab Acara.