PROFIL

Surabaya Memory 2019: “Dari Surabaya Untuk Indonesiaku”

LATAR BELAKANG
Surabaya Memory
adalah sebuah inisiatif yang didedikasikan bagi perekaman dan pelestarian pusaka (heritage) kota Surabaya.  Diluncurkan pada hari jadi Kota Surabaya ke 708 tahun 2001 yang lalu, Surabaya Memory bertujuan menumbuhkan kepedulian masyarakat akan pelestarian pusaka kota Surabaya melalui media maya (online) dan media fisik (onsite).  Menumbuhkan kesadaran akan pusaka (heritage) melalui media fisik dilakukan melalui pameran dan kegiatan yang dirancang secara khusus dan bekerjasama dengan berbagai pihak sehingga acara/program yang dirancang dapat dinikmati oleh masyarakat awam.  Selama ini Surabaya Memory secara konsisten melakukan pameran dan kegiatan di berbagai mall di Surabaya. Surabaya Memory 2019 kali ini akan diselenggarakan pada Bulan Agustus 2019 untuk ikut serta meramaikan peringatan Kemerdekaan RI ke-75.

Surabaya Memory 2019
ingin mengangkat tema “Dari Surabaya untuk Indonesiaku”.  Bulan Agustus adalah bulan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada masa lalu, peran Surabaya sangat erat dengan perjalanan perjuangan kemerdekaan RI, dan pada masa mengisi kemerdekaanpun, telah banyak pencapain Surabaya yang membanggakan masyarakat Surabaya pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.  Semangat Peran “Suroboyoku untuk Indonesia” tersebut, sangat penting untuk terus dilestarikan dan bahkan ditumbuhkembangkan agar selalu ada di dalam kehidupan masyarakat Surabaya.  Untuk itu, Surabaya Memory 2019 mengadakan berbagai kegiatan seperti pameran, lomba-lomba, lokakarya/workshop dll yang bisa diikuti oleh anak-anak, remaja, maupun orang tua.

Melalui kerjasama antara Perpustakaan UK Petra dengan berbagai pihak seperti Grand City Mall Surabaya, Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya, Humas Pemkot Surabaya, SMKN 12 Surabaya, Surabaya Tempo Dulu, Surabaya Punya Cerita, Fakultas, Program Studi di UK Petra (Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi, Arsitektur, Desain Inteior, Desain Komunikasi Visual) sekolah-sekolah di Surabaya, Barbies Bakery, beberapa media partner, Surabaya Memory ingin mengingatkan kembali masyarakat kota Surabaya untuk belajar memiliki kesadaran dan kepedulian untuk memelihara pusaka kota Surabaya dan pusaka Indonesia pada umumnya.


TUJUAN KEGIATAN:

  • Mempromosikan Surabaya Memory sebagai salah satu program yang didedikasikan bagi pelestarian pusaka Kota Surabaya.
  • Menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan kebanggaan masyarakat Surabaya akan pusaka (heritage) kota Surabaya.
  • Menumbuhkan budaya literasi di kalangan masyarakat Surabaya sebagai konsep belajar sepanjang hayat, karena literasi tidak sekedar kemampuan membaca dan menulis, tetapi seperangkat keterampilan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan sumber informasi yang ada.
  • Mewujudkan Perpustakaan sebagai community hub, tempat bertemunya berbagai komunitas dan menumbuhkan minat saling belajar diantara mereka melalui karya-karya yang dipamerkan.
  • Menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya budaya dokumentasi di tengah tradisi lisan yang sangat dominan di Indonesia.


TEMPAT DAN TANGGAL PELAKSANAAN
Tempat                  : Grand City Mall (East Atrium)
Waktu Pelaksanaan : 14 s.d. 18 Agustus 2019