Pengaruh variabel-variabel kompetensi guru terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengatahuan sosial

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh variabel-variabel kompetensi guru terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Objek penelitian adalah SMP Petra 2 dengan sampel 100 siswa kelas IX SMP Kristen Petra 2 Surabaya. Alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode survey yang dilakukan di SMP Kristen Petra 2 Surabaya. Desain kuesioner penelitian ini meliputi: pengenalan (introduction), seleksi responden (screening), identitas responden (identity), dan pertanyaan kuesioner (main question), sebanyak 100 siswa dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner skala Likert 1-5. Data dianalisis dengan menggunakan PLS. Dari pengolahan data diperoleh pembuktian bahwa: kompetensi guru tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa tetapi kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dan motivasi belajar siswa serta berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa

EDY PURNOMO Hatane Semuel (Advisor 1); Zeplin Jiwa Husada Tarigan (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Graduate Thesis Tesis/Theses Tesis No. 03020109/MM/2016; Edy Purnomo (03513001) TEACHERS; MOTIVATION IN LEARNING; EDUCATION-RESEARCH

Files