Pengaruh strategic purchasing terhadap organization performance melalui negotiation strategy dan relationship between Buyer and supplier sebagai variabel intervening pada industri makanan dan minuman di Jawa Timur

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategic Purchasing
terhadap Organization Performance melalui Negotiation Strategy dan
Relationship Between Buyer And Supplier di dalam perusahaan. Di dalam
penelitian ini digunakan data primer berupa kuesioner yang disebarkan pada
perusahaan-perusahaan yang bersifat terbuka maupun tertutup serta tergolong
ke dalam industri besar dan sedang yang bergerak dalam bidang manufaktur
makanan dan minuman di Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
path modeling dengan alat bantu PLS. Dari pengujian yang dilakukan
membuktikan bahwa pengaruh Strategic Purchasing terhadap Organization
Performance adalah positif dan signifikan. Selain itu, hasil penelitian juga
membuktikan terdapat pengaruh yang positif serta signifikan dari Strategic
Purchasing terhadap Relationship Between Buyer And Supplier, pengaruh positif
serta signifikan dari Strategic Purchasing terhadap Negotiation Strategy,
pengaruh positif serta signifikan dari Relationship Between Buyer And Supplier
terhadap Organization Performance, dan pengaruh positif serta signifikan pula
dari Negotiation Strategy terhadap Organization Performance pada perusahaan-perusahaan
yang bergerak dalam bidang manufaktur makanan dan minuman di
Jawa Timur.

Rany Arnius Zeplin Jiwa Husada Tarigan (Advisor 1); Dr. Ir. Hotlan Siagian MSc. (Advisor 2); Hatane Semuel (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Graduate Thesis Tesis/Theses Tesis No. 03020111/MM/2016; Rany Arnius (03515016) SUPPLY CHAIN MANAGEMENT; PURCHASING; PROCUREMENT-MANAGEMENT; STRATEGIC PLANNING

Files