Analisis waste pelayanan kapal pada sebuah perusahaan pelayaran

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui waste yang ada di proses pelayanan kapal seperti waiting time, proses bongkar muat dan keberangkatan kapal di Tanjung Perak pada salah satu perusahaan pelayaran. Kondisi awal menunjukkan terdapat waste seperti waiting time yang besar, produktifitas terminal rendah, dan keterlambatan keberangkatan kapal. Teknik analisa yang digunakan untuk menggambarkan proses pelayanan kapal dengan value stream mapping. Usulan perbaikan untuk mengurangi waste yaitu penggunaan software, mengganti sistem kerja bongkar, dan menggabungkan beberapa aktivitas sekaligus.

FENDI PRAMONO Dr. Drs. I Nyoman Sutapa, M.Sc.nat. (Advisor 1); Siana Halim (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 03022002/IND/2016; Fendi Pramono (25412023) CUSTOMER SERVICES-EVALUATION; TIME STUDIES; CUSTOMER SERVICES

Files