Pengaruh corporate social responsibility terhadap manajemen laba pada sektor industri barang konsumsi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara corporate social responsibility terhadap manajemen laba. Corporate social responsibility diukur dengan menggunakan corporate social responsibility index yang dinilai dengan menggunakan kriteria guidelines dari GRI versi 3.1. Manajemen laba dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan discretionary accruals dengan model modified Jones. Variabel kontrol yang digunakan dalam penelitian ini adalah leverage, ukuran perusahaan dan market to book ratio. Penelitian ini melakukan pengujian pada perusahaan yang bergerak di sektor industri barang konsumsi yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2010-2014. Hasil penelitian ini menemukan bahwa corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

ANGELIZA PRASETIO Dr. Yulius Jogi Christiawan, S.E., M.Si., Ak. (Advisor 1); Prof. Dr. Dra. Juniarti, M.Si., Ak. (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 32010840/AKT/2016; Angeliza Prasetio (32412143) SOCIAL RESPONSIBILITY OF BUSINESS; PROFIT-MANAGEMENT

Files