Analisis proses inovasi produk pada PT Indoplast Makmur

Inovasi merupakan tindakan pengelolaan yang terdiri dari beberapa proses yang saling berkaitan. Proses inovasi memiliki sepuluh tahapan yaitu: need-and-wants exploration, idea generation, concept development, business analysis, screening, prototype development, plant scale-up, market testing, commercialization, dan post launch checkup. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tahapan proses inovasi produk pada PT Indoplast Makmur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan wawancara semi terstruktur untuk memperoleh data yang ada. Teknik pengujian data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Dari hasil penelitian disimpulkan dapat disimpulkan ke sepuluh tahapan proses inovasi produk yaitu: need-and-wants exploration, idea generation, concept development, business analysis, screening, prototype development, plant scale-up, market testing, commercialization, dan postlaunch checkup, telah diimplementasikan dengan baik oleh PT Indoplast Makmur.

IVAN STEFFANUS BUDIMARTONO Dhyah Harjanti (Advisor 1); Dr. Augustinus Simanjuntak, S.H., M.H. (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 31011229/MAN/2016: Ivan Steffanus Budimartono (31412170) INDUSTRIAL MANAGEMENT-TECHNOLOGICAL INNOVATION; INNOVATION; NEW PRODUCTS-MANAGEMENT; NEW PRODUCTS

Files