Pengaruh electronic Word-of-Mouth (E-WOM) sebagai sumber informasi terhadap travel intention dengan destination image sebagai intervening variable: studi kasus pada tripadvisor

Website TripAdvisor merupakan salah satu contoh sumber informasi di internet yang menyediakan informasi berkaitan dengan pariwisata. Pada TripAdvisor seseorang dapat menemukan informasi berupa review (electronic word-of-mouth atau e-WOM) tentang hotel, restoran dan objek wisata yang ditulis oleh wisatawan yang sudah pernah mengunjunginya.
Penelitian ini menganalisa pengaruh e-WOM pada TripAdvisor terhadap travel intention melalui destination image sebagai intervening variable. Metode analisa yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan program SmartPLS 3. Hasil penelitian adalah e-WOM pada TripAdvisor tidak mempengaruhi travel intention, e-WOM pada TripAdvisor mempengaruhi cognitive image, e-WOM pada TripAdvisor mempengaruhi affective image, cognitive image tidak mempengaruhi travel intention, affective image mempengaruhi travel intention, serta e-WOM pada TripAdvisor secara tidak langsung mempengaruhi travel intention melalui overall image (cognitive image dan affective image) sebagai intervening variable.

LARAS PRAMESWARI Rachmat Sugianto (Advisor 1); Hatane Semuel (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 35010293/MAN/2017; Laras Prameswari (35413008) WORD-OF-MOUTH ADVERTISING; TOURISM-MARKETING; TOURISM-MANAGEMENT; INTERNET MARKETING

Files