Representasi peran gender dalam video iklan Lifebuoy Help A Child Reach 5 berjudul Tree of Life

Tree of Life merupakan judul dari salah satu video iklan Lifebuoy dalam gerakan Help a Child Reach 5. Gerakan ini merupakan penyadaran akan pentingnya menjaga kesehatan anak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran peran gender digambarkan dalam video Tree of Life. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah semiotika John Fiske dengan 3 level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan tanda dan lambang dalam video iklan tersebut.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa tokoh feminin merupakan tokoh yang tersubordinasi. Hal tersebut terlihat dari adanya tanda berupa: 1) Pola Perilaku dan Aktivitas, 2) Pakaian, dan 3) Ruang yang menunjukkan adanya dominasi tokoh maskulin.

DWIKA YANUAR TRISWIYANTO Agusly Irawan Aritonang, S.Sos., M.A. (Advisor 1); Megawati Wahjudianata (Advisor 2); JUDY DJOKO WAHJONO TJAHJO, S.E.,M.Si. (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 20011309/KOM/2017; Dwika Yanuar Triswiyanto (51413079) GENDER IDENTITY IN MASS MEDIA; COMMUNICATION; ADVERTISING

Files