Analisis lead time kontainer dengan simulasi value stream mapping di PT X

Waktu kontainer dari Jakarta hingga kembali lagi ke Jakarta disebut Lead time. Lead time kontainer masing-masing cabang secara berurutan pada saat ini adalah 30, 40 dan 37 hari, sedangkan waktu berlayar dari Jakarta ke masing-masing load port hanya berkisar 3-4 hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi lead time kontainer. Rute yang diamati adalah Jakarta-Banjarmasin, Jakarta - Pontianak, dan Jakarta - Samarinda. Siklus kontainer yang terjadi sekarang berdurasi 30, 40, dan 37 hari. Data yang digunakan selama 3 bulan, yaitu bulan April, Mei, dan Agustus. Simulasi ini selanjutnya akan menjadi dasar untuk melakukan tinjauan lebih lanjut. Aktivitas yang lama adalah aktivitas stuffing dan discharge, stuffing lama disebabkan oleh customer yang menggunakan kontainer sebagai gudang dan discharge yang lama disebabkan
oleh customer yang tidak menebus delivery order. Usulan yang diberikan yaitu dengan mengubah biaya demmurage minimal dengan harga sewa kontainer. Lead time berkurang menjadi 29 dan 33 hari untuk rute Banjarmasin dan Samarinda.

RICKY SETIAWAN HARTANTO I Gede Agus Widyadana (Advisor 1); Dr. Drs. I Nyoman Sutapa, M.Sc.nat. (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 03022115/IND/2018; Ricky Setiawan Hartanto (25414058) TIME STUDY; WASTE MINIMIZATION; WORK MEASUREMENT; DELIVERY OF GOODS

Files