Sistem personalisasi gaya belajar berdasarkan segmentasi aktivitas mahasiswa di learning management system menggunakan felder silverman model dengan Decision Tree dan Naïve Bayes

Adanya cara belajar yang personal memudahkan peserta didik untuk belajar dengan
gaya belajarnya masing-masing. Melalui penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan sebuah
sistem rekomendasi gaya belajar yang didapat dari proses aktivitas peserta didik yang dikerjakan
dalam Learning Management System (LMS). Data yang digunakan merupakan log data yang
didapat dari beberapa kelas di Perguruan Tinggi X. Kelas-kelas tersebut dipilih berdasarkan
cukupnya variasi dari konten pembelajaran yang dilakukan dalam LMS.
Data tersebut diproses dalam Felder-Silverman model yang menghasilkan gaya belajar
yang personal yang kemudian juga diproses dengan menggunakan metode naive bayes dan
decision tree. Data gaya belajar yang didapat kemudian dibandingkan dengan hasil index
learning style. Dari data yang diuji dengan menggunakan dua metode yang berbeda, yaitu
metode decision tree dan naive bayes, ditemukan bahwa metode decision tree menunjukkan
hasil yang lebih stabil dibandingkan naive bayes dengan hasil persentase rata rata >90%.

Leo Willyanto Santoso; Yulia; Bryan Fernando Liauwan Unknown Universitas Kristen Petra Indonesian Petra ePapers Documents containing presentations of facts or the record of some proceeding, investigation, or event Unknown Laporan Penelitian; Leo Willyanto Santoso (03-023), Yulia (99-036), Bryan Fernando Liauwan (NA00406311) INSTRUCTIONAL SYSTEMS DESIGN

Files