Dengan berkembangnya berbagai bisnis di seluruh Indonesia membuat persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Maka dari itu PT Kokoh Anugerah Nusantara harus merumuskan strategi bersaing yang tepat untuk dapat bertahan dan mampu berkompetisi dengan pesaing. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan Eksternal dan Internal perusahaan, untuk dapat merumuskan strategi bersaing dengan menggunakan Matrix SWOT. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara Semi terstruktur. Untuk menguji kebenaran data, penulis menggunakan metode trustworthiness. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bersaing yang efektif untuk digunakan oleh PT Kokoh Exa Nusantara adalah strategi intensif jenis pengembangan pasar dan penggalian pasar. Perusahaan dapat melakukan strategi intensif pengembangan pasar dilakukan dengan cara melakukan ekspansi keluar daerah Surabaya dan Bangkalan, maka perusahaan akan dapat memperbanyak target pasar . Strategi tersebut juga dapat dilakukan dengan menyelesaikan proyek yang berada pada Bangkalan, dan melakukan ekspansi perusahaan ke daerah potensial lain. Strategi penggalian pasar dilakukan dengan mencari yang memahami tentang pengiklanan digital, promosi dapat dilakukan melalui berbagai media sosial seperti tiktok, facebook, dan instagram yang marak digunakan untuk media pengiklanan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah PT Kokoh Exa Nusantara bisa mengembangkan perusahaan dengan memperbesar pangsa pasar dan melakukan meningkatkan promosi perusahaan.