Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi bisnis mahasiswa Program Business Management Universitas Kristen Petra yang berasal dari luar Pulau Jawa, dan mengidentifikasi upaya untuk meningkatkannya. Motivasi bisnis dianggap penting karena berdampak pada kesuksesan pendidikan dan potensi berkontribusi terhadap perkembangan sosial dan ekonomi. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, melibatkan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Teori motivasi McClelland dan motivasi bisnis menjadi landasan konseptual dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi bisnis mahasiswa terbentuk melalui faktor internal seperti keinginan untuk berprestasi, berkuasa, dan berafiliasi, serta didukung oleh faktor eksternal seperti lingkungan akademik dan sosial. Upaya peningkatan motivasi mencakup pengembangan desain pekerjaan, pengaturan kerja fleksibel, keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses belajar, dan pemberian penghargaan yang relevan. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi motivasi yang lebih efektif, baik untuk institusi pendidikan maupun mahasiswa dalam mengatasi tantangan perantauan dan meningkatkan potensi kewirausahaan mereka.