Relevansi model dan proses-proses bisnis premia karya digital printing network di PT Karyamulia Kayajaya Nusantara

Perkembangan teknologi dan pergeseran preferensi konsumen telah mengubah dunia pemasaran dan penjualan secara signifikan, termasuk dalam industri percetakan digital. Premia Karya Digital Printing Network sebagai salah satu unit bisnis PT Karyamulia Kayajaya Nusantara mengadopsi model bisnis dropship yang memanfaatkan promosi digital untuk menjangkau pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi model bisnis dan proses bisnis yang diterapkan pada perusahaan. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi tiga aspek utama proses bisnis, yaitu networking, digital marketing, dan online selling dengan menganalisis metode penjualan terbaik untuk mendukung pengelolaan penjualan yang efektif. Penelitian menunjukkan bahwa model bisnis dropship relevan dengan pasar modern, meski menghadapi tantangan dalam hubungan vendor dan penutupan penjualan. Implikasi teoritis menekankan integrasi metode SNAP dan SPIN Selling untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, sementara rekomendasi praktis mencakup penguatan kolaborasi vendor, adopsi Artificial Intelligence (AI) untuk desain, dan peningkatan kapasitas tim pemasaran.

LEONARDO STEFFANUS ANGGA Drs. Bambang Haryadi, M.M. (Advisor 1); Dr. Augustinus Simanjuntak, S.H., M.H. (Examination Committee 1); Dr. Roy Setiawan, S.Kom., M.M., M.SM., M.Th. (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 31012700/MAN/2025; Leonardo Steffanus Angga (D11210014) BUSINESS PLANNING; BUSINESS PROCESSING

Files