Pengaruh posisi sekat dan bentuk lubang sekat terhadap stress yang terjadi pada tangki truk bahan bakar minyak

Tangki truk merupakan tangki yang dirancang untuk membawa cairan atau gas dengan jumlah yang besar untuk mampu diantar ke sebuah tujuan. Sloshing yang berlebihan di dalam tangki bisa menghasilkan gaya yang berlebihan, sehingga truk lebih rentan terjadi kecelakaan saat berbelok atau mengerem. Di dalam tangki, terdapat sekat yang berfungsi untuk mengurangi sloshing yang terjadi di dalam tangki. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa untuk mengetahui pengaruh posisi sekat dan bentuk lubang pada stress yang terjadi pada tangki. Metode yang digunakan adalah menggunakan CFD (Computational Fluid Dynamic) untuk melakukan simulasi di kondisi statik dan sloshing. Simulasi dilakukan dengan desain dan material tangki yang sesuai dengan persyaratan Pertamina. Dari hasil analisa, ditemukan bahwa bentuk lubang bulat dan posisi sekat yang umum lebih baik untuk mengurangi stres di tangki.

STEVEN LIMORIS Willyanto (Advisor 1); Ivan Christian Hernando, S.T., M.T. (Advisor 1); Ekadewi Anggraini Handoyo (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 02011565/MES/2025; Steven Limoris (C12200045) AUTOMOBILES--BODIES--DESIGN AND CONSTRUCTION; AUTOMOBILES--STABILITY; TANK CARS

Files