Penelitian ini membahas implementasi piggyback Speeduino sebagai sistem kontrol elektronik pada sepeda motor Honda Vario 125cc untuk meningkatkan performa mesin. Piggyback Speeduino memungkinkan penyesuaian parameter seperti penyemprotan bahan bakar (fuel injection), sedangkan untuk waktu pengapian (ignition timing) hanya mengikuti standar dan tanpa mengubah komponen mekanis. Dengan pengaturan yang optimal, sistem ini dapat meningkatkan efisiensi pembakaran, torsi, dan daya mesin. Studi ini menggunakan metode eksperimen dengan membandingkan data performa mesin sebelum dan setelah pemasangan piggyback Speeduino. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan pada tenaga maksimum hingga 0,1 Hp dan torsi hingga 5.67Nm, serta perbaikan respons gas pada putaran rendah hingga menengah. Penelitian ini membuktikan bahwa piggyback Speeduino dapat menjadi solusi ekonomis untuk meningkatkan performa motor tanpa risiko merusak ECU bawaan. Hal ini memberikan peluang bagi para pengguna sepeda motor untuk memperoleh performa lebih baik dengan biaya yang relatif terjangkau.