Penelitian ini menyelidiki peran inovasi hijau dalam kinerja keberlanjutan perusahaan di Indonesia, dengan menganalisis bagaimana hubungan ini dimoderasi oleh orientasi strategi hijau. Menggunakan metode kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei kuesioner yang ditujukan kepada manajer menengah hingga senior menggunakan purposive sampling, menghasilkan 250 observasi dari perusahaan publik dan swasta di Indonesia yang berfokus pada inovasi hijau selama Mei hingga Juni 2024. Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), menunjukkan bahwa orientasi strategi hijau memoderasi hubungan inovasi hijau dan kinerja keberlanjutan, memperkuat asosiasi positif di antara keduanya. Temuan ini menekankan peran orientasi strategi hijau dalam meningkatkan kinerja keberlanjutan perusahaan dan keunggulan kompetitif di era ekonomi hijau. Penelitian ini memperkaya literatur manajemen lingkungan dengan menggambarkan kontribusi inovasi hijau terhadap kinerja keberlanjutan serta pengaruh moderasi orientasi strategi hijau, sekaligus menyoroti implikasi manajerial untuk memanfaatkan inovasi hijau secara efektif. Selain itu, dengan memperkenalkan orientasi strategi hijau sebagai faktor moderasi, penelitian ini memberikan wawasan baru dan meningkatkan pemahaman teoritis di bidang ini dengan mengintegrasikan perspektif dari Teori Legitimasi dan Teori Pemangku Kepentingan.