Kota Surakarta merupakan salah satu kota dengan destinasi wisata kuliner yang melimpah. Kekayaan akan budaya dan makanan khas membuat Kota Surakarta memiliki potensi dalam pertumbuhan sektor wisata kuliner yang ada di Kota Surakarta. Untuk mewujudkan pertumbuhan sektor wisata kuliner di Kota Surakarta, dibutuhkan adanya behavioral intention dalam diri wisatawan. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh novel experience, authentic experience, sensory experience, dan social experience terhadap behavioral intention dengan mediasi cultural competence pada wisatawan kuliner di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan 101 responden penelitian yang merupakan warga negara Indonesia dan memiliki usia minimal 18 tahun. Data yang didapatkan dari penelitian ini diolah dengan SmartPLS 4.0 dan menghasilkan kesimpulan cultural competence dapat menjadi mediasi pada social experience dan sensory experience terhadap behavioral intention, sedangkan hubungan pada novel experience dan authentic experience terhadap cultural competence tidak ditemukan. Kata kunci: novel experience, authentic experience, sensory experience, social experience, cultural competence, behavioral intention.