Strategi guru membangun disiplin murid dalam pembelajaran di kelas v SD Kristen Anugerah Jakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru dalam membangun disiplin murid di kelas V SD Kristen Anugerah Jakarta. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya konsistensi murid dalam mematuhi aturan, minimnya kesadaran akan pentingnya disiplin, serta tantangan guru dalam mengatasi perilaku menantang dan menciptakan suasana kelas yang kondusif. Dengan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara, penelitian ini menemukan enam strategi utama: menetapkan aturan yang jelas, menggunakan penguatan positif, membangun hubungan baik dengan murid, menciptakan lingkungan kelas yang kondusif, membuat pembelajaran menarik, dan mengelola perilaku menantang secara efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan tegas, empatik, dan kolaborasi dengan orang tua berkontribusi pada terciptanya lingkungan belajar yang mendukung keberhasilan akademik dan pembentukan karakter murid.

BILGIOR STEVANO LESIANGI Iman Subekti S.Pd.,M.Pd. (Advisor 1); Magdalena Pranata Santoso (Examination Committee 1); Yulia Setia, S.S..,M.Pd.., M.Sc., M.Th. (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 00010025/PGSD/2024; Bilgior Stevano Lesiangi (G11200028) Unknown

Files