Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) memerlukan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, yang sering kali berbeda dibandingkan anak pada umumnya. Di Indonesia, perhatian terhadap Special Education semakin meningkat. Salah satu faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Special Education adalah keyakinan guru dalam menghadapi ABK yang mempengaruhi tindakannya di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menggali keyakinan Special-edu teacher, faktor-faktor yang membentuk keyakinan Special-edu teacher, serta implementasi dari keyakinan Special-edu teacher terhadap penerapan program Special Education pada Sekolah Dasar Kristen di Surabaya Barat. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara dan observasi lapangan, penelitian ini mengeksplorasi keyakinan guru, faktor pembentuk keyakinan guru, serta implementasi dari keyakinan guru terhadap penerapan Special Education untuk ABK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyakinan guru mempengaruhi tindakannya dalam penerapan Special Education. Keyakinan guru terbentuk dari pengetahuan, pengalaman, dukungan dari lingkungan sekitar, kebijakan sekolah, serta pendapat dari profesional lain seperti psikolog. Penelitian ini juga mengidentifikasi prosedur dari penerapan Special Education dan tantangan yang dihadapi guru dalam program Special Education. Tantangan yang ditemukan ialah persetujuan dari orang tua, partisipasi dari siswa, dan keterbatasan pengetahuan Special-edu teacher.