Pembuatan dashboard interaktif dengan visualisasi data untuk analisis penjualan tiket penerbangan dan pola perilaku pelanggan pada Rodex Tours & Travel

Rodex Tours & Travel menghadapi kesulitan dalam menganalisis data karena seluruh informasi masih disimpan dalam bentuk file CSV. Format ini menyulitkan untuk mengidentifikasi pola yang berdampak dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi dasbor interaktif yang dirancang untuk mempermudah proses analisis data. Fitur utama dalam aplikasi ini mencakup visualisasi data, uji statistik (T-Test dan Linear Regression), serta prediksi menggunakan dua model yaitu GRU (Gated Recurrent Unit) dan SARIMAX (Seasonal AutoRegressive Integrated Moving Average with eXogenous factors). Hasil implementasi dan pengujian menunjukkan beberapa informasi yang berhasil didapat antara lain: kuartal keempat menjadi kuartal dengan frekuensi penerbangan tertinggi; mayoritas pelanggan berasal dari segmen korporat yang cenderung bepergian saat hari kerja; dan kelompok usia 21-50 tahun mendominasi, dengan pertumbuhan signifikan pada usia 21-35 sejak 2024. Pola pemesanan juga menunjukkan bahwa pelanggan internasional cenderung memesan lebih awal dibanding pelanggan domestik, tercermin dari dominasi data pemesanan untuk 2025 (sekitar 80%), sedangkan pemesanan domestik bersifat lebih mendadak. Hari libur meningkatkan frekuensi penerbangan pelanggan individual hingga 30%, sementara hari kerja meningkatkan frekuensi penerbangan korporasi hingga 70% lebih tinggi dibanding pelanggan individual.

MARIO CHRISTOPHER Rolly Intan (Advisor 1); Henry Novianus Palit, S.Kom., M.Kom., Ph.D. (Advisor 2); Justinus Andjarwirawan (Examination Committee 1); Gregorius Satiabudhi (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 01022677/INF/2025; Mario Christopher (C14210156) DATA VISUALIZATION; CUSTOMER BEHAVIOUR

Files