Perancangan gim interaktif mengenai literasi keuangan untuk generasi Alfa

Literasi finansial merupakan keterampilan penting untuk menghadapi tantangan ekonomi di masa depan, khususnya bagi Generasi Alfa yang tumbuh dalam era digital. Perancangan ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas gim sebagai media edukasi dalam meningkatkan literasi finansial anak usia sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui wawancara, kuesioner kepada orang tua, serta analisis literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen gamifikasi, seperti pengambilan keputusan keuangan, pengelolaan sumber daya, dan simulasi ekonomi, dapat meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep pendapatan, pengeluaran, dan investasi. Temuan ini merekomendasikan pemanfaatan gim sebagai alat edukasi strategis untuk membangun kebiasaan keuangan yang baik sejak dini. Penerapan strategi ini diharapkan mendukung visi Indonesia Emas 2045 dengan menciptakan generasi yang melek finansial.

DAVID FORTINO Daniel Kurniawan Salamoon, S.Sn., M.Med.Kom. (Advisor 1); JACKY CAHYADI, S.Sn. (Advisor 2); Aristarchus Pranayama, B.A., M.A., Ph.D. (Examination Committee 1); Erandaru, S.T., M.Sc., Ph.D. (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Media Interaktif Media Interaktif No. 00024230/DKV/2025; David Fortino (E12210047) VISUAL COMMUNICATION; FINANCIAL LITERACY--STUDY AND TEACHING (PRIMARY); EDUCATIONAL GAMES--DESIGN AND CONSTRUCTION

Files