Mengutip Investopedia, definisi supply chain management (manajemen rantai pasokan) adalah manajemen aliran barang dan jasa yang mencakup semua proses yang mengubah bahan mentah menjadi bahan jadi. Aktivitas ini melibatkan efisiensi aktivitas dari sisi penawaran bisnis untuk memaksimalkan nilai pelanggan dan mendapatkan keunggulan kompetitif di pasar. I Gede Agus Widyadana, Dosen Fakultas Teknik Industri Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya mengatakan, pekerja yang terlibat dalam aktivitas supply chain management (SCM) sangat luas. Dimulai dari perencanaan, produksi, persediaan,
pembelian, lalu ketika barang tersebut datang penanganan penyimpanannya di gudang seperti apa, hingga barang tersebut dikirimkan kepada konsumen. “Sangat membutuhkan orang di bagian itu. Tren yang ada sekarang butuh efisiensi, dibutuhkan analisis dengan baik terkait biaya persediaan, transportasi dan sebagainya,” kata Agus saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Kamis (10/2/2022).