Taman baca dan belajar anak di Surabaya

Rendahnya tingkat minat baca masyarakat Indonesia menghambat perkembangan kemampuan literasi yang khususnya terdapat pada pelajar-pelajar muda di Indonesia. Hal ini menjadi alasan yang mendukung sebagai pentingnya fasilitas edukasi yang menyangkut dalam perihal literasi di Indonesia. Target dari perancangan ini adalah anak-anak dengan jenjang pendidikan SD hingga SMP. Hal tersebut diambil dari teori perkembangan psikoseksual oleh Sigmund Freud yang menjelaskan mengenai kepribadian seseorang yang terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan pada saat usia kanak-kanak. Untuk membuat anak-anak menyukai kegiatan baca-membaca pada usia mereka, di dalam perancangan kali ini digunakan pendekatan perilaku yang mampu mengarahkan anak-anak dari segi penataan ruang, view, dan kegiatan-kegiatan yang mampu menghadirkan kebahagiaan bagi mereka yang datang ke dalam bangunan. Taman dipilih sebagai kata yang terdapat pada judul perancangan kali ini karena salah satu arti dari taman adalah tempat yang menyenangkan. Maka dari itulah untuk menciptakan suatu tempat yang bahagia agar anak-anak dapat menjalani dan menyukai aktivitas baca-membaca, tempat dari kegiatan tersebut harus terhubung dengan taman-taman yang terdapat di dalam bangunan. Kata Kunci : kemampuan literasi, pelajar, tingkat minat baca, teori perkembangan psikoseksual

KEVIN HALIM Samuel Hartono (Advisor 1); Altrerosje Asri, S.T., M.T. (Advisor 1); Benny Poerbantanoe (Advisor 1); Riduan Sukardi (Examination Committee 1); Handinoto (Examination Committee 1) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Laporan Perancangan Arsitektur Laporan Perancangan Arsitektur No. 00024611/ARS/2024; Kevin Halim (B12190131) EDUCATION PARKS--DESIGNS AND PLANS; LIBRARY FITTINGS AND SUPPLIES

Files