Pengaruh atribut sosial budaya terhadap vivid memory dan dampaknya terhadap niat berperilaku turis asing di Yogyakarta dan Surabaya

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh pengalaman sustainable tourism khususnya pada aspek sosial budaya terhadap vivid memory yang nantinya akan memengaruhi niat berperilaku dari para turis asing yang sedang dan telah berwisata ke Yogyakarta dan Surabaya. Penelitian ini menganalisa data dari 262 responden yang valid, yang merupakan turis asing yang sedang maupun pernah berkunjung ke Yogyakarta dan Surabaya, menggunakan teknik analisa data Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan dari variabel sosial budaya terkait pariwisata berkelanjutan terhadap niat berperilaku, dengan vivid memory sebagai mediator. Implikasinya, hasil penelitian ini dapat menjadi dasar dalam merumuskan kebijakan dan strategi yang lebih efektif untuk mempromosikan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

RIVALDI FERNANDO HODODJOYO; CALVIN GWIANTARA PUTRA Serli Wijaya (Advisor 1); Regina Jokom (Advisor 2); Hatane Semuel (Examination Committee 1); Deborah C.Widjaja (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 31012815/MAN/2025; Rivaldi Fernando Hododjoyo (D11210513); Calvin Gwiantara Putra (D11210352) Unknown

Files