Guru profesional: pedoman kinerja, kualifikasi, dan kompetensi guru
Suprihatiningrum, JamilUnknown
Ar-Ruzz Media (Jakarta, 2016) (ind) Indonesian9786027874046UnknownUnknownTEACHERS-PROFESIONAL RELATIONSHIPS; UnknownKesuksesan pendidikan bukan sekadar menghadirkan peserta didik memenuhi kelas di sekolah. Tantangan terberat justru memastikan para peserta didik mendapatkan layanan pendidikan bermutu sehingga mereka mampu mencapai tujuan belajar, menyelesaikan sekolah, dan memiliki kemampuan menghadapi masa depan. Untuk mencapai pendidikan yang berkualitas, guru memiliki peran penting dan strategis. Institusi penyelenggara pendidikan membutuhkan duru-guru ideal, berkualitas, terlatih, dan bermotivasi tinggi dalam menjalani profesi dan tanggungjawabnya.
Tantangan tersebut tidak mudah untuk dihadapi. Guru harus mampu menjaga keseimbangan antara tuntutan untuk berbuat normatif ideal dengan suasana kehidupan masa kini yang ditandai dengan pola kehidupan materealistis, pragmatis, individualistis, kompetitif, konsumtif, dan lain sebagainya. Maka, panduan mewujudkan guru menjadi profesional urgen untuk diterapkan. Seba, salah satu indikator dari mutu pembelajaran/ pendidikan adalah kinerja guru yang baik. Apabila guru mampu bertugas dan berperan secara profesional, maka pembelajaran akan berlangsung efektif.