Chatbot Pembantu proses booking dan after sales di PT Roda Express Sukses Mandiri

Efisiensi pelayanan merupakan faktor penting dalam industri jasa yang berpengaruh pada operasional dan kepuasan pelanggan. PT Roda Express Sukses Mandiri (Rodex Tour and Travel) menghadapi tantangan dalam menangani tingginya permintaan informasi dan transaksi pelanggan yang sebagian besar bersifat umum. Hal ini menyebabkan kurang optimalnya peran customer service dan perlunya solusi untuk meningkatkan efisiensi. Penelitian ini mengusulkan pengembangan chatbot rule-based untuk mendukung proses pencarian, pemesanan, penerbi-tan tiket, serta layanan purna jual seperti reschedule dan refund. Chatbot ini dirancang untuk memberikan informasi secara cepat dan sistematis, serta dilengkapi integrasi dengan ChatGPT guna menangani pertanyaan kompleks. Dengan solusi ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan efisiensi kerja dan memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan.

ALFONSUS ENRICO Alexander Setiawan (Advisor 1); Henry Novianus Palit, S.Kom., M.Kom., Ph.D. (Advisor 2); Agustinus Noertjahyana (Examination Committee 1); Alvin Nathaniel Tjondrowiguno, S.Kom., M.T. (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 01022623/INF/2025; Alfonsus Enrico (C14180067) Unknown

Files