Optimalisasi penurunan emisi berdasarkan pada pengaturan ignition timing dan AFR dengan menggunakan individual coil on plug pada mobil Honda Civic Genio

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pemasangan individual ignition coil pada Honda Civic Genio dengan melakukan optimasi pengaturan ignition timing dan AFR untuk mencari emisi gas buang yang lebih rendah. Speeduino digunakan untuk menggantikan ECU standar yang tidak dapat mengakomodir 4 coil. Proses optimasi ignition timing dan AFR menggunakan metode Firefly Algorithm (FA) dan Particle Swarm Optimization (PSO). Metode eksperimental digunakan untuk mendapat hasil emisi CO dan HC setelah proses optimasi menggunakan ANN, FA, dan PSO. Metode FA menghasilkan penurunan CO yang paling signifikan hingga 90% dari 3.65 %vol menjadi 0.37%vol dan HC turun sebesar 6% dari 335.33 ppm menjadi 315 ppm. Setelan optimal yang disarankan dari metode FA adalah +1 untuk ignition timing dan -2 untuk AFR dari kondisi standar mapping Speeduino. Penggunaan Speeduino dan individual coil juga meningkatkan daya sebesar 7.69% dari 72.79 hp menjadi 78.85 dan kenaikan torsi sebesar 6.04% dari 110 Nm menjadi 117.07 Nm. Konsumsi bahan bakar juga lebih baik 1.75% dari 12.29 km/l menjadi 12.51 km/l saat menggunakan Speeduino dan individual coil. Penelitian ini membuktikan parameter Speeduino dan penggunaan Individual coil dapat dioptimalkan untuk menurunkan emisi CO dan HC.

STEVEN ADHI SUBAGJA PRAYOGO Sutrisno S.T.,M.T. (Advisor 1); Ivan Christian Hernando, S.T., M.T. (Advisor 2); Ian Hardianto Siahaan (Examination Committee 1); Ninuk Jonoadji (Examination Committee 2) Universitas Kristen Petra Indonesian Digital Theses Undergraduate Thesis Skripsi/Undergraduate Thesis Skripsi No. 04011558/MES/2025; Steven Adhi Subagja Prayogo (C12200032) INTERNAL COMBUSTION ENGINES; NEURAL NETWORKS (COMPUTER SCIENCE); AUTOMOBILES--MOTORS--COMBUSTION; AUTOMOBILES--MOTORS--EXHAUST GAS

Files